Dunia sales yang ada saat ini, penuh dengan tantangan dan persaingan. Creative thinking dalam dunia sales menjadi salah satu tantangan dalam mengembangkan business. Oleh sebab itu keterampilan Creative Thinking menjadi strategi untuk membedakan diri dengan kompetitor. Creative thinking tidak hanya membantu untuk Sales person untuk menarik perhatian pelanggan. Namun juga menjadi cara yang unik untuk menarik perhatian dari calon pelanggan yang memungkinkan mereka melihat peluang baru yang mungkin terlewatkan oleh orang lain.

Apa Itu Creative Thinking Dalam Sales ?

Creative Thinking merupakan kemampuan berpikir di luar dari kebiasaan seseorang dalam melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Creative thinking mampu menciptakan solusi yang inovatif yang dapat memberikan nilai tambah sebagai seorang sales untuk pelanggannya. Beberapa manfaat yang berhubungan dengan Creative Thinking dalam dunia sales di antaranya:

  • Mengindentifikasi kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi
  • Menyampaikan dan menginformasikan nilai – nilai product dengan cara yang unik dan menarik, tanpa mengurangi atau melebih – lebihkan dalam peraturan Perusahaan
  • Menyesuaikan pendekatan penjualan dengan melihat dari karakteristik pelangaan
  • Mengembangkan strategi baru untuk meningkatkan loyalitas pelanggan

Dalam tahap ini untuk menjadi seorang sales yang bisa melakukan Creative Thinking, dibutuhkan kemampuan berpikir yang adaptif dalam menghadapi perubahan dan tantangan pasar. Menjadi sales juga harus bisa mencari cara untuk memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pelanggan.

Cara Mengasah Creative Thinking dalam Dunia Sales

Mengembangkan keterampilan Creative Thinking memerlukan latihan dan pola pikir yang terbuka terhadap perubahan. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengasah kemampuan creative thinking:

    • Berpikir dari Perspektif Pelanggan
        • Salah satu cara terbaik berpikir kreatif adalah dengan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan secara mendalam. Mungkin dapat mencari tahu kebutuhan seperti:
            1. Apa yang menjadi masalah utama pelanggan
            2. Bagaimana produk atau layanan kita dapat menjadi Solusi untuk kebutuhan pelanggan?
          •  
    • Eksplorasi Ide Baru
        • Jangan takut untuk membuat dan mencari ide baru. Hal ini dapat dimulai dengan menggunakan teknologi yang ada saat ini seperti AI. Dapat juga menggunakan media sosial yang dapat menjadireferensi untuk mendapatkan ide yang luas dan menciptakan pengalaman dengan pelanggan.
    • Berkordinasi dengan Tim atau Rekan Kerja
        • Bekerjasama dengan tim atau rekan kerja mungkin dapat memunculkan ide – ide yang tidak di temukan sebelumnya. Melakukan diskusi dengan tantangan yang dihadapi dan brainstorm untuk mendapatkan solusi bersama
    • Gunakanlah StoryTelling
        • Storytelling adalah cara paling efektif untuk menyampaikan pesan penjualan untuk cara yang lebih menarik. Buatlah cerita yang relevant dengan kebutuhan pelanggan dan tunjukan bagaimana produk anda berbeda dengan produk lain

Contoh – Contoh Penerapan Creative Thinking dalam Dunia Sales

    • Personalisasi Penawaran
      • Sales yang kreatif akan mencari tau latar belakang pelanggan sebelum menawarkan product. Dengan mempersonalisasi penawaran, pelanggan akan merasa dihargai dan lebih mungkin melakukan pembelian.
    • Menggunakan Teknologi untuk Presentasi
      • Sales dapat memanfaatkan video interaktif untuk memperkenalkan produk dengan cara yang lebih menarik.
    • Kampanye Sosial yang Kreatif
      • Menggunakan media social yang unik dan engaging dapat meningkatkan brand awareness dan menciptakan koneksi emposional dengan pelanggan
  1.  
  1.  

Kiat-kiat Membangun Personal Branding Bagi Seorang Sales Person

Selain creative thinking, personal branding juga memainkan peran penting dalam kesuksesan seorang sales professional. Personal branding adalah cara anda mempresentasikan diri kepada dunia, terutama kepada calon pelanggan

Berikut beberapa kiat untuk membangun personal branding yang kuat:

    • Tingkatkan Keterampilan Komunikasi
      • Hal ini dapat ditingkatkan dengan mempelajari cara berkomunikasi yang efektif dan persuasif. Selain itu, coba hindari bahasa yang terlalu teknis. Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami oleh pelanggan
    • Perkuat Keterampilan dan Rasa Empati
      • Berlatih menjadi pendengar yang baik. Tujukkan juga empati Anda kepada pelanggan untuk memahami kebutuhan mereka. Kemudian jangan terlalu fokus pada penjualan saja, tetapi juga memberikan solusi yang dibutuhkan.
    • Tentukan Value dan Spesialisasi anda
      • Fokuslah pada nilai unik yang membedakan anda dengan sales lainnya. Contohnya spesialisasi pada produk tertentu. Lalu cobalah untuk menawarkan proses konsultasi kepada calon pelanggan dengan jujur untuk membantu pelanggan dalam melakukan pembelian sesuai kebutuhan
    • Bangun Kepercayaan dengan Edukasi
      • Hal ini bisa dicoba dengan menjelaskan kepada pelanggan mengenai informasi yang mengedukasi pelanggan. Sehingga ada hal baru yang dapat diketahui pelanggan. Contohnya, cara memilih kendaraan yang sesuai dengan budget. Atau memberikan informasi program – program kepada pelanggan dengan jujur
    •  Penampilan
      • Bagi seorang salesman, diperlukan juga untuk memiliki penampilan yang rapih dan menarik, sehingga calon pelanggan akan merasa nyaman untuk berinteraksi dengan kita. Misalnya, menggunakan pakaian yang rapih dan sopan, menggunakan sepatu/heels, menggunakan parfum pada saat bertemu pelanggan, dan merapihkan rambut.
  1.  
  1.  
  1.  
  1.  

Creative Thinking merupakan sebuah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap sales person di era modern. Dengan berpikir secara kreatif sales person dapat menciptakan pengalaman penjualan yang unik, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memenangkan persaingan di pasar yang kompetitif. Ingat bahwa dunia sales bukan hanya tentang menjual produk atau jasa, tetapi juga tentang membangun hubungan, dan kepercayaan kepada pelangaan. Oleh karena itu, latihlah kemampuan ini dengan terus belajar, berinovasi, dan berkolaborasi, agar dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar di dunia sales.

By: Laras Yuni Anggraeni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − two =

Copyright © 2025 SITAMA | Powered by Solusi Integrasi Pratama